Manfaat Positif dan Efek Negatif dari Minum kopi

Kopi 3

Ketika berbicara tentang kopi, banyak orang akan berpikir bahwa itu adalah minuman yang kurang sehat. Ya, kopi tidak baik untuk kesehatan jika diminum secara berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak lebih dari empat cangkir sehari, kopi sebenarnya minuman yang aman yang bahkan mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Kopi mengandung banyak anti oksidan dan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang kaya anti oksidan dapat menghambat penyakit yang disebabkan oleh kerusakan oxidative. Kopi juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan kinerja daya tahan dalam durasi aktivitas fisik yang cukup lama.

Manfaat Positif dan Efek Negatif dari Minum kopi.

Manfaat Kesehatan dari Kopi
Kopi 2

Mengobati Diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini mungkin disebabkan oleh chlorogenic acid dalam kopi yang telah terbukti untuk memperlambat penyerapan gula dalam saluran pencernaan. chlorogenic acid juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan sensitivitas insulin.

Meningkatkan fungsi kognitif

Perempuan yang rutin minum kopi tercatat terhadap tingkat lebih lambat dari penurunan kognitif. Sebuah penelitian di Prancis menunjukkan bahwa minum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat memperlambat penurunan kognitif akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena perempuan lebih sensitif terhadap kafein.

Mengurangi resiko penyakit Parkinson

Sebuah studi 2007 menemukan bahwa mereka yang minum setidaknya satu cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 50% lebih rendah terkena penyakit Parkinson, namun studi pada wanita telah meyakinkan Tampaknya bahwa wanita yang menjalani terapi hormon pengganti telah meningkatkan kemungkinan Parkinson saat minum kopi , tetapi mereka yang tidak menjalani terapi tersebut menunjukkan manfaat dalam cara yang sama seperti laki-laki. Satu penjelasan yang mungkin untuk perbedaan jenis kelamin mungkin bahwa estrogen dan kafein memerlukan enzim yang sama untuk dimetabolisme, dan estrogen menangkap enzim tersebut.

Mengurangi Resiko Stroke

Sebuah studi 2009 menunjukkan bahwa perempuan yang minum sekitar tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 20% lebih rendah mengalami stroke, dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir per bulan. Studi lain di kalangan pria di Finlandia juga menunjukkan hasil yang sama.

Mencegah Kanker

Senyawa anti oksidan dalam kopi dapat membantu mencegah kanker tertentu. Dalam sebuah penelitian di Jepang, perempuan yang minum dua atau lebih cangkir kopi sehari memiliki resiko 25% lebih rendah dari kanker usus besar, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi juga berkorelasi dengan penurunan resiko kanker kerongkongan, pharyngeal, mulut dan kulit.

Mencegah Batu empedu

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari dapat mengurangi resiko batu empedu. Kafein dalam kopi merangsang kontraksi kandung empedu dan menurunkan konsentrasi kolesterol dalam empedu.

Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang minum sekitar 3 cangkir kopi sehari secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Alzheimer di kemudian hari, dibandingkan dengan mereka yang minum kopi sedikit atau tidak ada. Para peneliti juga menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat mengurangi produksi protein beta-amyloid, deposito yang sering terbentuk di otak pasien Alzheimer.

Mengurangi resiko Penyakit Liver/hati

Kopi juga dapat menurunkan resiko liver cirrhosis dan penyakit hati lainnya karena anti oksidan dan kafein di dalamnya. Sebuah analisis dari sembilan studi menemukan bahwa minum dua cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko sirosis hati sebesar 80%.

Efek Negatif dari Kopi

Kopi 4
Walaupun kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat berkontribusi untuk jantung berdebar, hipertensi, insomnia, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan resiko keguguran pada wanita hamil. Oleh karena itu, ide yang baik bagi wanita hamil untuk meminimalkan asupan kafein atau berhenti mengkonsumsinya.

Untuk mencegah efek negatif dari kopi, mengurangi asupan kafein Anda, atau beralih ke kopi tanpa kafein. Juga, pastikan untuk selalu mengkonsumsi dua gelas air untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum. Hal ini dapat meminimalkan efek berbahaya dari minuman kafein.

Sumber : vivanews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s