Lokasi Utama Ibadah Haji dan Umroh

Bagi anda yang akan melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah, atau hanya sekedar melaksanakan Manasik Haji saja, wajib hukumnya mengetahui tempat-tempat atau Lokasi Utama dalam Haji dan Umrah. karena tempat ini adalah tempat yang selalu dikunjungi dalam ibadah Haji dan juga merupakan sbuah lokasi yang menyimpan makna dan simbol tersendiri dalam ibadah Haji yang dilaksanakan tiap tahunnya.
Berikut ini Lokasi yang Harus dikunjungi setiap jamaah haji dan Umrah.

Makkah Al Mukaromah
Di kota Makkah Al-Mukaromah inilah terdapat Masjidil Haram yang didalamnya terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat ibadah umat Islam sedunia. Dalam rangkaian perjalanan ibadah haji, Makkah menjadi tempat pembuka dan penutup ibadah haji.

masjidil-haram

Padang Arafah
Padang Arafah terdapat di sebelah timur Kota Makkah, terkenal sebagai lokasi pusatnya haji, yakni lokasi wukuf ditunaikan, yaitu saat tanggal 9 Zulhijah tiap tahunnya. Wilayah mempunyai bentuk padang luas ini termasuk lokasi berkumpulnya sekitar 2 juta jamaah haji dari seluruh dunia. Dengan kata lain arafah merupakan wilayah terbuka & luas di bagian timur luar kota suci umat Islam di Makkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini, pada satu hari (siang hari) tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah berkumpullah lebih dari 2 juta umat Islam dari berbagai pelosok dunia untuk melakukan inti ibadah haji, ibadah Wukuf. Di Padang Arafah juga terdapat Jabal Rahmah tempat pertama kali pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Di luar musim haji, daerah ini tidak dipakai.
arafah

Muzdalifah
Lokasi di dekat Mina & Arafah, dikenal sebagai lokasi jamaah haji menjalankan Mabit & mengumpulkan bebatuan untuk menunaikan ibadah jumrah di Mina. Muzdalifah merupakan wilayah terbuka di antara Mekkah & Mina di Arab Saudi yang termasuk lokasi jamaah haji yang diperintahkan untuk singgah dan bermalam setelah bertolak dari Arafah. Muzdalifah ada di antara Mazamain Arafah & lembah Muhassir. Luas Muzdalifah yakni sekitar 12, 25 km², di sana ada rambu-rambu pembatas yang menandai batas awal & akhir Muzdalifah. Jamaah haji sesudah menunaikan wukuf di Arafah bergerak menuju Muzdalifah saat sesudah terbenamnya matahari. Di Muzdalifah jamaah haji menunaikan shalat Maghrib & Isya secara digabungkan & disingkat (jamak qashar) & bermalam di sana sampai waktu fajar. Di Muzdalifah jamaah haji mengumpulkan batu kerikil yang akan dipakai untuk melempar jumrah. Bermalam di Muzdalifah hukumnya wajib dalam haji. Maka siapa saja yang meninggalkannya diwajibkan untuk membayar dam. Disarankan untuk mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW; bermalam sampai memasuki waktu shalat Subuh, lalu berhenti sampai fajar berwarna kuning. Tapi buat orang-orang yang doif, seperti kaum hawa, orang-orang tua & yang seperti mereka, bisa meninggalkan Muzdalifah sesudah melewati tengah malam. Sesudah shalat Subuh, jamaah haji berangkat menuju ke Mina.Kota ini tidak jauh dari kota Mina dan Arafah Mota Muzdalifah merupakan tempat jamaah calon haji melakukan Mabit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar Jumroh di Kota Mina.
muzdalifah

Kota Mina
Kota Mina merupakan tempat berdirinya tugu (jumrah), yaitu tempat pelaksanaan melontarkan batu ke tugu (jumrah) sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Disana terdapat tiga jumrah yaitu jumrah Aqabah, Jumrah Ula, dan Jumrah Wustha.
Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina. Mina merupakan tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Dimasing-maising tempat itu berdiri tugu yang digunakan untuk pelaksanaan: Jumrah Aqabah, Jumrah Ula, dan Jumrah Wustha. Di tempat ini jamaah juga diwajibkan untuk menginap satu malam.
lempar jumrah

Madinah Munawwaroh
Ialah kota suci ke-2 kaum muslimin. Di lokasi inilah panutan umat Islam, Nabi Muhammad SAW dikebumikan di Masjid Nabawi. Lokasi ini sebenarnya tak masuk ke dalam ritual ibadah haji, tapi jamaah haji dari semua dunia biasanya menyempatkan diri berkunjung ke kota yang letaknya kurang lebih 330 km utara Makkah ini untuk berziarah dan menunaikan salat di masjidnya Nabi SAW.
madinah

Sumber : google.com

Subhanallah
Indahnya tempat ini
Insya Allah saya ke sana
Insya Allah saya mengantarkan orangtua saya ke sana saat mereka masih sanggup untuk melakukan aktifitas.
Berilah saya kesempatan dan kesanggupan untuk mewujudkannya ya Allah.
Aamiin ya Rabb
^_^

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s